BAHAGIA ITU APA??

Bahagia..??
Bahagia,kata yang sangat fenomenal,siapa di dunia ini yang tak ingin hidupnya bahagia?Sepertinya tidak ada karena semua makhluk yang ada di muka bumi ini terutama manusia berusaha keras untuk mendapatkan kebahagiaan itu,bahkan dengan berbagai macam cara dilakukan agar hidupnya penuh dengan kebahagiaan.Namun,terkadang kita lupa bahkan tidak tahu manakah arti bahagia yang sesungguhnya dan manakah yang bahagia sesaat.
Bagi beberapa kalangan menganggap bahwa bahagia itu relatif,misalnya bagi orang sakit beranggapan bahwa sehat adalah bahagia,namun ketika ia sudah sehat lain lagi bahagia yang diingkinkannya.Begitu juga dengan orang-orang yang menginginkan barang tertentu,jika barang tersebut bisa dimiliki maka akan sangat bahagia rasanya,tetapi ketika sudah memiliki barang yang dimaksud maka biasa saja dan bahagia tadi akan beralih ke hal lain.Jadi bagi kelompok ini bahagia diartikan tidak spesifik atau bersifat “Moving Target".
Golongan selanjunya ialah kelompok pesimis yang beranggapan bahwa tidak ada bahagia di dunia ini, pepatah juga mengatakan “Bersakit-Sakit Dahulu,Bersenang-Senang Kemudian”,jadi hidup untuk bekerja dan bekerja tanpa memedulikan hal lain,jika ini terjadi maka perlu ditanyakan “bersakit-sakit terus, bersenangnya kapan ?” karena mustahil manusia hidup tanpa menginkan kebahagian.
Nah,sebelum berlanjut ke pembahasan utama alangkah baiknya kita paham terlebih dahulu arti serta makna dari bahagia,Bahagia merupakan suatu hal tiada taranya,tatkala kita bahagia segalanya akan terasa indah dan hati pun terasa tentram dan damai.Kebahagiaan,bukan terletak dalam rumah yang berlimpah kemewahan,namun lebih dari,yaitu ketika kita dapat melakukan lebih banyak hal untuk lebih banyak kebahagiaan orang lain,bahkan saat diri mereka tidak lagi dapat membahagiakan dirinya sendiri.
Dr Todd Kashdan, dalam penelitiannya menemukan sebuah formula yang apabila dikombinasikan maka akan mencapai kebahagiaan, namun pada faktor tersebut memerlukan sedikit usaha untuk mencapainya.
Rumus kebahagiaan adalah (Mx16 + + CX1 LX2) + (TX5 + + NX2 Bx33).
Faktor-faktor tersebut ialah:
Live in the Moment (M)
Nikmati hidup dan hargai segala sesuatu yang ada disekitar mulai dari bagun hingga tidur kembali, dengan merasakan adanya suara-suara,bau-bauan,pemandangan,kondisi sekitar,bahkan dari hal terkecil yang juga terlihat.
Be Curious (C)
Selalu penasaran yaitu berani mengeksplorasi hal-hal misterius dan rumit dari kehidupan kita sehari-hari. Lakukan sekali sehari.
Do something you Love (L)
Lakukan hal yang anda sukai, yaitu jika ada suatu aktivitas penting yang anda sukai dan sekiranya bisa meningkatkan taraf hidup Anda maka lakukanlah sekali saat bekerja dan sekali saat tidak bekerja.
Think of others first (T)
Fikirkan orang lain lebih dulu, yaitu memberi perhatian kepada orang lain lebih dulu sebelum memikirkan diri sendiri.Berilah pujian,lakukan perbuatan baik,dan dengarkan orang lain bicara lakukan minimal 5 kali sehari dan anda akan segera merasakan betapa bahagianya bisa membuat orang lain bahagia.
Nurture relationships (N)
Memelihara hubungan baik,yaitu luangkan waktu untuk pasangan,anggota keluarga,sahabat atau teman 2 kali sehari.Para ilmuwan telah menemukan bahwa mereka memiliki hubungan yang erat dan signifikan dengan orang lain adalah orang-orang yang paling berbahagia di dunia.
Take care of your Body (B)
Jaga kesehatan tubuhmu, yaitu selalu merawat kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat setidaknya 3 kali sehari dan berolahraga minimal 30 menit setiap hari.
Dr. Kashdan percaya bahwa rumus ini adalah resep yang sempurna untuk mendapatkan jiwa yang selalu bahagia.Tidak Ada Rahasia Tunggal Untuk Merasa Bahagia,tetapi ketika 6 rumus tersebut digunakan dan diperhatikan,dalam dosis yang tepat,anda akan berada pada zona bahagia,terang Dr. Kashdan.
Semua orang berhak berhak dan berhak memperoleh kebahagian,semuanya dimulai dari diri sendiri yang ingin bahagia,maka rumus diatas yang dikenal dengan“Feel Good Formula” bila diterapkan dengan komposisi yang pas maka akan sampai pada tahap Bahagia.
Demikian saja penjelasan saya tentang Rumus Bahagia,semoga bermanfaat bagi anda yang mencari kebahagia.Sesungguhnya kebahagiaan itu ada didalam diri anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUKIT TAMBOLANG BATULELLENG

Sarambu Sikore Kecamatan Rantekarua(Trans Awan)